By | 23/03/2018

Hello Sahabat Anak Kendali.

pada kesempatan kali ini saya akan menuliskan artikel sederhana tentang cara memasukan library pada Arduino,

jika kita menggunakan arduino dan tidak mau diribetkan oleh program maka dengan adanya library yang di buat oleh seseorang akan sangat membantu untuk kita, karena isi dar library sebenarnya juga code code yang denga mudah tinggal kita panggil di code utama.

baiklah berikut akan saya jelaskan cara memasukan file library pada Arduino. 

yang pertama tentu saja kita harus menyiapkan file librarynya terlebih dahulu, dan dari mana kita mendapatkan file library ?

Cara Memasukan Library Arduino

cara yang pertama kita bisa mendapatkan sekaligus memasang library pada instalan Arduino dengan cara klik sketch >> Include Library >>  Manage libraries. disitu kita bisa mencari librarynya dan jika tersedia kita hanya perlu mengeklik instal kemudian selesai.

cara yang kedua terlebih dahulu kita mendownload file library dari internet, mbah guugel, dan biasanya saya mendownload library di website github, kemudian file yang di download dalam bentuk  Rar, setelah di download filenya tinggal dimasukan ke instalan Arduino dengan cara klik Sketch >> Include Library >> Add. Zip library >> pilih file library yang berformat RAR tadi.

jika cara ke dua tidak bisa, karena mungkin kesalahan mengompresnya maka kita tinggal melakukan cara yang ketiga ini,

caranya yaitu dengan meng extrak file RAR tadi kemudian folder didalamnya yang berisi file berformat .h .cpp dan juga folder example di pindahkan ke tempat folder library arduino, biasanya di
data C / program file (x86) / Arduino / libraries

atau juga bisa di simpan pada Document / Arduino / libraries

nah mungkin cukup itu tulisan kali ini semoga bermanfaat dan jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis dikolom komentar !

keyword :
anak kendali
anak kendali arduino
cara memasukan library arduino
library arduino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *