By | 05/03/2018

Hello Sahabat Anak Kendali.

pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tulisan tentang sistem kendali Digital yang sebelumnya sudah sedikit membahas tentang Sistem Kendali Kalang Tertutup

Apa Sistem Kendali Kalang Tertutup ?
Sistem Kendali Kalang Tertutup dimana ada suatu sistem yang Outputnya berdasarkan Input dari Output masa lalu, masa Sekarang dan masa yang akan datang.
jika kita melihat diagram blok berikut :

maka kita bisa memahami bahwa kita dapat menentukan Set Point sebagai referensi Input yang masuk ke Controller kemudian di proses didalam sistem dan menghasilkan Output, dari Output ini datanya di ambil oleh Sensor sehingga menjadi umpan balik untuk dibandingkan dengan referensi Set point, hasil dari perbandingan ini disebut Error.

Mengenal Sistem Kendali Tertutup (Close Loop)

Referensi set point yang memberikan adalah manusia kemudian dikontrol atau dikendalikan sesuai pengendalinya misal : pengendali PID atau pengendali Fuzzy Logic.

contoh untuk sistem kendali kalang tertutup sangat banyak didunia nyata bahkan kehidupan manusia pun termasuk dalam sistem kendali kalang tertutup.
seperti Alat penetas telur, dari alat ini hasil output berupa suhu dalam derajat, katakanlah awalnya kita memberikan Set point suhunya 20 derajat Celcius, jika kita hanya menggunakan Sistem kendali kalang terbuka kita hanya perlu memberikan Input berupa tegangan kepada kontroller, misalkan sebesar 3.3V. tapi apakah output yang dihasilkan sudah sesuai senilai 20 derajat Celcius, tentu tidak tahu, apalagi terdapat gangguan lingkungan sekitar yang mempengaruhi dan juga suhu dari ayam tersebut, bisa lebih atau kurang. disitulah kita menggunakan sistem kendali kalang tertutup sehingga hasil output dapat menetapkan nilai seperti apa yang kita inginkan yaitu set point, dengan menambahkan sebuah sensor suhu dan pengendalianya.

lalu apakah semua yang menggunakan sensor adalah sistem kendali kalang tertutup ?
tentu saja tidak, bisa jadi sensor hanya digunakan untuk mengirim informasi yang digunakan sekali seperti saat menyalakan atau mematikan saja. dan sebagainya.

mungkin cukup sekian tulisan kali ini semoga bermanfaat.

keyword :
anak kendali
sistem kendali digital
apa itu sistem kendali kalang tertutup
apa itu sistem close loop
sistem close loop
pengertian sistem close loop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *