By | 30/08/2018

Hello sahabat Anak Kendali, Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memulai mengakses NodeMCU dengan Arduino IDE.

Cara Program NodeMCU, Memulai NodeMCU, Tutorial NodeMCU, NodeMCU Arduino

NodeMCU LOLIN masih keluarga besar ESP8266, dimana fungsinya ini untuk menghubungkan ke jaringan WIFI, bisa sebagai Access point atau pun jadi penangkap wifinya.
beda dengan ESP8266 ESP-01 yang harus diakses dengan board Arduino, NodeMCU ini sudah bisa menyimpan program sendiri, tapi mungkin ESP8266 ESP-01 juga sudah bisa menyimpan program sendiri, tapi karena tidak ada downloader program jadi saya belum mencobanya,

ESP8266, Tutorial Mulai Mengakses NodeMCU

oke balik lagi ke topik, berikut langkah yang harus di perhatikan untuk memulai program NodeMcu

  • Buka Aplikasi Arduino Ide kemudian pilih File > Preference lalu copyhttp://arduino.esp8266.com/stable/package_esp8266com_index.json kemudian buka Tools.
  • Pilih Board kemudian klik Boarda Manager akan tampil seperti berikut
  • kemudian cari dengan keyword “esp8266” lalu akan muncul ESP8266 Community. silahkan di instal sampai selesei, tentunya perlu koneksi internet.
  • Setelah itu silahkan coba program example dengan cara klik file >> example >> ESP8266 >> Blink

uplod program tersebut dan selesai,, Silahkan perhatikan hasil pada modul nodemcu atau board ESP8266 lainya yang kalian gunakan, dan jika ingin tau cara mengupload program pada tipe ESP8266 ESP-01 silahkan baca artikel berikut

ESP8266, Upload Program ESP-01 dengan FTDI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *