Menu Tutup

Mengenal Blynk Platform IoT, Instalasi dan Penerapannya

Halo rekan-rekan sekalian, selamat bertemu kembali di laman ini. Kali ini kita akan membahas tentang Blnyk App.

Seiring berkembangnya teknologi IoT (Internet of Things), makin banyak pula bermunculan platform-platform yang dibuat untuk mempermudah aksesnya, salah satunya Blynk App.
Diciptakan pada tahun 2015, platform aplikasi khusus OS Mobile Android dan IOS ini memiliki fungsi sebagai media penghubung koneksi internet dengan perangkat-perangkat mikrokontroler seperti Arduino, NodeMCU atau Mini CPU seperti Raspberry Pi.

Blynk App menjadi salah satu platform yang paling sering dipakai karena kemudahannya dalam pemakaian serta mudahnya source code untuk tiap-tiap perintah yang ada di dalam aplikasi tersebut. Selain itu, untuk penggunaan perintah yang sedikit atau untuk sekedar uji coba, Bynk App memberikan limit berupa 2000 poin untuk tiap pengguna barunya sehingga jika kamu sekedar ingin mengaksesnya maka kamu tidak perlu membayar. Hal ini berbeda jika kamu ingin memakainya untuk skala komersial dan dalam jangka waktu panjang.

Bagaimana Cara Instalasi Blynk App?

Kali ini, akses Blynk App akan dilakukan dengan menggunakan Android untuk pengguna IOS mungkin bisa menyesuaikan saja nantinya. Berikut ini cara-caranya:

  • Download aplikasi Blynk App terlebih dahulu di Playstore
  • Setelah selesai, buka aplikasi dan lakukan Register untuk membuat akun baru
  • Pilih menu New Project dan jangan lupa untuk memilih Modul Mikrokontrolernya, kali ini kita akan memakai modul NodeMCU ESP8266. Pilih juga jenis koneksi yang diinginkan, kita pilih koneksi WiFi.
  • Klik “Create” dan Blynk akan mengirim Token ke email kita.
  • Setelah selesai, saatnya kita melakukan drag & drop blok perintah yang ingin kita gunakan di Blynk
  • Setelah selesai, kita bisa mencobanya terlebih dahulu.

Tahap selanjutnya kita berpindah ke aplikasi Arduino IDE, untuk menghubungkan Modul mikrokontroler ke Blynk App maka dibutuhkan beberapa program khusus yang syukurnya sudah disiapkan oleh Blynk App itu sendiri.

  • Kemudian tentukan kembali Board yaitu ESP8266 dan Connection ESP8266 WiFi
  • Setelah itu pilih Example dan silahkan pilih mau coba example yang mana, karena kode defaultnya lumayan lengkap dan mudah dipahami. Kali ini kita akan mencoba untuk membuat Led berkedip, example nya BlynkBlink.
  • Copy dan Paste kodenya ke Arduino dan akan terlihat seperti ini :

Setelah kode selesai di flash ke mikrokontroler, dilanjutkan dengan setting di aplikasi kembali untuk menyesuaikan konfigurasinya.

Dipengaturan ini yang perlu diperhatikan adalah kita harus menentukan pin yang sama yang akan dipakai, kita akan menggunakan pin digital 8 maka di poin PIN kita harus memilih D8. Setelah selesai, hasil akhirnya akan seperti ini :

Output akhirnya adalah, ketika kita menekan tombol di Blynk maka akan memicu perintah untuk membuat LED On atau LED Off.

Bagaimana, mudah bukan? Dengan semakin mudahnya akses dan penerapan dari teknologi IoT ini jelas diharapkan agar makin banyaknya hasil-hasil temuan yang bisa membantu perkembangan teknologi kita saat ini.

Terima kasih sudah membaca laman ini, sampai jumpa di materi-materi lainnya. Sampai Jumpa!

(Visited 1 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1
Donasi Klik Iklanya !
Tolong berdonasi klik iklan dulu untuk bayar server !

Lapor Jika Ada Code atau Link yang ERROR !!!
Powered by