By | 13/12/2019

Hello temen – temen Anakkendali
pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 2

pada proses ini kita akan membuat langkah fuzzifikasi yang didalamnya terdapat parameter Input dan Output, variable linguistik dan fungsi keanggotaan. sebelum mendesain algoritma fuzzy saya akan menjelaskan apa tujuan dalam mendesain fuzzy kali ini, silahkan simak cerita berikut:

baca juga : Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian

anggaplah saya adalah seorang penjual gorengan yang mana setiap hari saya mencatat data pemasukan dan pengeluaranya, selama saya berjualan permintaan paling sedikit yang pernah masuk adalah 10 gorengan sedangkan permintaan terbanyak adalah 20 gorengan, adapun persedian paling sedikit adalah 25 gorengan sedangkan persediaan terbanyak adalah 75 gorengan, saya ingin menganalisis untuk menentukan berapa gorengan yang harus saya produksi esok hari berdasarkan data tersebut !

Keyword :
Belajar Fuzzy Logic
Tutorial Fuzzy Logic
Apa itu fuzzy logic
Program Fuzzy Logic
Code Fuzzy Logic Bahasa C
Bahasa C Fuzzy Logic

Logika Fuzzy

Fuzzifikasi

Fuzzifikasi merupakan langkah awal dalam mendesain algoritma fuzzy yang mana di dalamnya terdapat paramter Input, Output, Variable linguistik dan fungsi keanggotaan, dari cerita di atas kita tau input dari kasus ini adalah permintaan dan Persediaan sedangkan Outputnya adalah Produksi.

Variable Linguistik Permintaan, Persediaan dan Produksi

[table id=2 /]

Fungsi Keanggotaan

Rumus untuk setiap variable linguistik

Code Bahasa C untuk Fuzzifikasi

sekarang kita akan membuat code fuzzifikasi dalam bahasa C untuk menentukan derajat keanggotaan masing masing variable linguistik berdasarkan masukan dari permintaan dan persediaan.
code dapat di copy paste di bawah ataupun langsung di jalankan, silahkan masukan nilai permintaan dan persediaan kemudian cek hasilnya apakah sesuai dengan data himpunan diatas. jika sesuai maka program bisa di anggap betul, jika salah silahkan komnetar di bawah kemungkinan ada salah pada penulisan rumus.

mungkin cukup sekian apa yang bisa saya tulis pada artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan pelit untuk membagikan.

pada video di bawah ini mungkin masih banyak kesalahanya dalam membuat rumus, untuk itu saya memohon maaf dan saya betulkan rumus nya pada artikel ini.

Selanjutnya baca : Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 3

2 Replies to “Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 2”

  1. Alhazmi Yusi

    Selamat sore mas. Saya rencanya mau bikin alat penyemprot otomatis tanaman dengan variabel sbb:
    input:
    suhu = sejuk,sedang,hangat, dan panas
    kelembaban= kering,normal, panas
    Output variabel:
    waktu penyalaan penyemprot= mati (0s), sangat cepat(3s), cepat (6s), agak cepat(9s), lama(12s),sangat lama (15s)

    untuk codingannya sudah saya buat sesuai coding diatas meskipun terdapat beberapa perubahan. Namun nilai defuzzifikasinya tetap 0 dan penyemprot tidak menyala. itu bagaimana ya? apakah saya perlu mengirim codingan saya?

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *