By | 18/03/2021
Daftar Aplikasi Gratis Desain Animasi Lengkap

Software aplikasi pembuat animasi banyak dicari untuk para animator baik pemula ataupun yang sudah expert, dan artikel ini berisi tentang rekomendasi software pembuat animasi gratis dan mudah untuk diisntal pada PC atau laptop kalian

Banyak penggunaan animasi untuk berbagai kebutuhan dan pekerjaan seperti pembuatan film animasi atau untuk kebutuhan periklanan dimana gambar animasi akan jauh lebih menarik ketimbang gambar biasa

Beberapa software animasi mudah didapatkan secara gratis dengan fitur yang sangat lengkap untuk kebutuhan anda dalam mendesain animasi, namun versi berbayar juga jauh lebih banyak keuntungan karena kita tau ada harga ada rupa.

Software yang saya rekomendasikan ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan populer yang bisa untuk mendesain animasi 2D dan juga 3D, dengan begtiu semoga apa yang saya bagikan tentang daftar aplikasi desain animasi ini bermanfaat untuk kalian

Untuk anda yang punya bakat seni dalam menggambar atau belajar diperguruan tinggi dalam bidang desain grafis atau seamacamnya yang sering menggunakan animasi maka wajib untuk mencoba salah satu software yang saya rekomendasikan.

Peluan sangat besar bagi anda yang memiliki hobi desain animasi karena pekerjaan seperti ini bisa dilakukan jarak jauh dan tidak harus berada dikantor seharian.

Tunggu apalagi silahkan simak tentang daftar aplikasi animasi untuk anda download secara gratis di PC

Pencil

18 Aplikasi Desain Animasi Gratis Untuk Laptop/PC
18 Aplikasi Desain Animasi Gratis Untuk Laptop/PC

Pencil adalah salah satu software animasi yang paling mudah digunakan untuk membuat animasi 2D, jadi sangat cocok jika digunakan untuk kalian yang baru belajar.

Software gratis yang bernama pensil ini sangat cocok buat kalian yang tanpa ingin mengeluarkan uang sedikitpun, karena sudah banyak fitur bagus dan keren yang bisa digunakan secara gratis tanpa perlu membayar untuk mengaktifkan fitur tersebut.

Software Pencil ini bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk berinovasi karena jelas sangat mudah dan murah tanpa dipungut biaya apa apa lagi, berkembanglah dengan memanfaatkan software animasi yang keren ini

UI software ini juga terlihat sangat keren dan sederhana sehingga mata kita tidak sakit melihat dan mudah menemukan fitur yang kita cara dengan aplikasi desain animasi ini.

Selain itu kelebihan menggunakan software pencil sebagai pembuat animasi dapat mengakses fitur-fitur yang ada pada aplikasi pembuat animasi berbayar.

Cara menggunakanya support dengan gambar bitmap ataupun vektor, sehingga sangat mudah jika kalian hanya memiliki gambar bitmap atau membuat vektornya terlebih dahulu sebelum memasukan ke bagian pembuatan animasinya.

Beberapa fitur lainnya yang nantinya dapat digunakan, yaitu mengatur tingkat frame rate, pengaturan suara sesuai dengan yang diinginkan dan mengimpor gambar, mengatur dan menambahkan warna pada gambar, dan banyak fitur lainnya.

Hal bagus lainnya, pada software Pencil ini menyediakan fitur untuk mengekspor grafis milik Anda menjadi dalam bentuk format FLV, Flash Video (SWF), banyak format lainnya.

Download software Pencil di situs resminya Pencil2d.org

Creatoon

18 Aplikasi Desain Animasi Gratis Untuk Laptop/PC
18 Aplikasi Desain Animasi Gratis Untuk Laptop/PC

Creatoon juga merupakan aplikasi pembuat animasi yang sangat populer digunakan dengan tampilan aplikasi yang sangat userfriendly sehingga nyaman di mata.

Meskipun tampilanya yang sangat sederhana dan terlihat UI nya jadul tidak semodern aplikasi lainya tapi fiturnya bisa digunakan untuk hal yang susah jika dibuat aplikasi animasi lainya.

Ketika anda menggunakan software ini maka toolbox menu untuk menggunakan fiturnya akan tampil disisi samping sebelah kanan, hal ini untuk memudahkan anda dalam mendesain gambar animasi dengan PC

Ketika sedang membuat animasi dengan aplikasi ini anda bisa menentukan posisi tinggi atau lebar serta dapat mengatur frame rete secara bersamaan dan juga bisa di export file proyeknya sesuai yang diinginkan.

Fitur pada aplikasi pembuat animasi yang satu ini juga bisa menambahkan efek khusus dan memiliki fitur autosave atau menyimpan secara otomatis setiap lima menit sekali, jadi anda tidak perlu khawatir lupa menyimpan datanya.

Dengan program ini nantinya Anda bisa memisahkan elemen animasi pada lembaran projek, dimana Anda bisa melakukan pengeditan dengan cepat

Anda bisa men-tweak ketepatan alat sketsa, yang juga bisa menggunakan tool brush (sikat). Secara keseluruhan, software Creatoon ini berguna agar Anda bisa membuat karya animasi secara mudah dengan dilengkapi fitur canggih. Penggunaan software ini menjadi solusi yang bagus untuk para pemula.

Download software Creatoon di Softpedia.com

Plastic Animation Paper

Ini merupakan software animasi 2D terbaik, Plastic Animation Paper menyediakan tool yang canggih dan tidak rumit, yang bisa diandalkan untuk mengkonversi ide dan kreativitas yang ada di pikiran Anda menjadi animasi 2D yang indah secara gratis.

Software ini dibuat untuk para ahli pembuat animasi, yang dengannya Anda bisa membuat animasi dengan cepat, keren dan menarik. Software ini akan memberikan Anda kemudahan dalam mengerjakan projek animasi.

Pada program ini, nantinya Anda bisa mengatur gerakan sketsa secara cepat, Anda dapat mengatur proses sketsa kasar, dan ruang tempat animasi Anda.

Program ini memberi saran real-time dan proses menjadi mudah dalam merencanakans konsep untuk gerakan tertentu (yang Anda inginkan), yang bisa dilakukan secara simple dan cepat. Anda bisa mengatur urutan tindakan yang akan datang.

Diantara fitur penting yaitu ruang sketsa, Anda bisa menambahkan warna pada sketsa, mengatur kecepatan bingkai, memperbesar dan memperkecilnya secara bebas dan mudah, Anda juga bisa memasukan suara.

Setelah selesai menggambar, maka Anda bisa menyimpann dalam format AVI, PNG, TGA, GIF, dan lainnya.

Download software Plastic Animation Paper di situs resminya Animationpaper.com

Synfig Studio

Tampilan Software Synfig Studio

Synfig Studio merupakan program open source dan multi-platform yang berfungsi untuk membantu penggunanya dalam menghasilkan karya animasi 2D.

Ini mirip dengan software Pencil, hanya saja Synfig tampil dengan kurva yang tajam karena fitur avant-garde. Hasil karya yang menakjubkan bisa Anda peroleh dengan Alat ini.

Antarmuka Synfig terbagi dalam empat jendela terpisah yaitu jendela yang berisi tool, jendela untuk proses pengeditan, jendela navigator, dan jendela parameter.

Dengan berhasil menguasai penggunaan software ini dengan baik dan efisien dalam pemanfaatan fitur-fiturnya, maka Anda nantinya bisa secara membuat animasi, dan film berkualitas tinggi secara profesional. Seperti yang perlu diasah dan dikuasai adalah teknik vector dan bitmap.

Sebagian besar elemen didasarkan pada vektor, dan semua lembaran projek dikembangkan secara parametrik, pikselasi muncul pada gambar raster yang diimpor, bukan item yang melekat saat memodifikasi hasil target proyek.

Gambar raster (bitmap image), adalah gambar digital yang terbentuk dari sekumpulan titik penyusun gambar atau pixel.

Keyframes animasi bisa secara otomatis ditambahkan, yang bisa menghasilkan gerakan tetap yang keren.

Terdapat teknologi untuk berbagai macam cahaya pixel yang lebih luas, dengan menggunakan High-Dynamic Range Imaging (HDRI) yang nantinya bisa menghasilkan efek pencahayaan dan formasi warna yang lebih baik.

Synfig menyediakan dukungan lengkap untuk rute gradien, yang dengannya Anda bisa memasukkan bayangan lembut ke gambar, tanpa perlu membuat sketsa animasi pada setiap frame secara terpisah.

Selain itu tersedia sejumlah layer yang mencakup gradien, transformasi, fraktal, geometrik, dan lainnya.

Download software Synfig Studio di situs resminya Synfig.org

Stykz

Tampilan Software Stykz

Stykz adalah software yang benar-benar gratis untuk digunakan, yang dengannya Anda bisa membuat animasi 2D menarik. Software ini support pada banyak sistem operasi utama seperti Windows, Mac, dan Linux.

Versi lengkap dari software ini bisa diunduh sepenuhnya secara gratis, di dalamnya tersedia banyak alat praktis yang berguna untuk membuat animasi yang menakjubkan.

Ini merupakan program yang memungkinkan Anda untuk menyusun animasi, sebelum nantinya menjadi animasi sepenuhnya yang keren. Program ini membantu Anda untuk mengembangkan, mengedit dan melihat kreasi Anda.

Software Stykz sangat mirip dengan Pivot StickFigure Animator, dimana terdapat banyak fitur yang sama kegunaannya pada keduanya, disamping juga memiliki beberapa fitur uniknya sendiri.

Pada projek, Anda dapat mengerjakan setiap frame buatan Anda, untuk menyelesaikannya hingga akhirnyan sempurna.

Tidak ada biaya tersembunyi atau lisensi apapun agar bisa menggunakan fitur-fitur software Stykz secara lengkap.

Download software Stykz di situs resminya Stykz.net

Blender

Tampilan Software Blender

Blender merupakan sebuah program animasi gratis yang paling populer, software ini digunakan oleh banyak profesional pembuat animasi. Demikian juga software ini digunakan oleh spesialis video game, seniman studio, ilmuwan, pelajar, dan profesional VFX.

Ini adalah software gratis yang bersifat open source, membantu Anda untuk menghasilkan karya animasi 3D yang menakjubkan dan keren, untuk melakukannya benar-benar secara gratis.

Walaupun untuk menguasai penggunaan software ini membutuhkan waktu yang cukup lama, dengan latihan yang berkali-kali, namun apabila Anda telah sukses untuk menguasai software ini, meski hanya menguasai 50% dari fungsinya, itu sudah bagus sekali untuk bisa menghasilkan karya animasi 3D yang menakjubkan.

Pada software Blender terdapat banyak fitur seperti tool untuk mengatur pencahayaan, pemodelan, animasi, operasi pasca konversi video, dan banyak lainnya.

Download software Blender di situs resminya Blender.org

Bryce

Bryce bukanlah aplikasi tradisional, kualitasnya cukup bagus dan bisa Anda download secara gratis. Ini benar-benar memberikan fasilitas yang sesuai kebutuhan Anda, yang berdasarkan tingkat proyek Anda. Program ini bekerja sempurna dibandingkan banyak modeling program.

Bryce merupakan software yang pernah meraih penghargaan, yang dikembangkan untuk memungkinkan pengguna baru bisa membuat animasi 3D keren hanya dalam beberapa menit saja.

Padanya, Anda bisa menambahkan banyak efek khusus seperti pemandangan dan banyak gambar lainnya, menggunakan komponen karakter DAZ Studio. Anda bisa memberikan efek berupa alam, air, awan, vegetasi, langit, kabut bebatuan, dll.

Versi gratis dari software Bryce hanya menyediakan fitur terbatas, Adapun jika Anda menggunakan versi pro (berbayar) maka akan diberikan fungsionalitas yang tidak terbatas. Software ini bisa digunakan pada OS Mac dan Windows.

Download software Bryce di situs resminya Bryce3d.co.uk

Aurora 3D Animation Maker

Ini merupakan salah satu suite animasi yang banyak digunakan di seluruh dunia. Aurora 3D Animation Maker menyediakan banyak fitur untuk membuat kreasi efek animasi tanpa batas pada hasil karya Anda.

Dengannya, pengguna bisa memasukan beberapa efek khusus yang menakjubkan pada gambar dan film. Software ini didesain dengan antarmuka yang user-friendly. Fitur lainnya, memungkinkan Anda untuk menambahkan tanda air atau logo milik sendiri, yang bisa disertai efek khusus.

Anda juga bisa mengubah teks menjadi animasi super 3D. Anda dapat mengelola semua bagian dan aspek animasi, seperti durasi dan tingkat pemutarannya.

Kemudian, Aurora 3D menyediakan banyak efek menarik seperti salju, hujan, api, kembang api, dan banyak lainnya. Selain itu tersedia fasilitas efek gerakan seperti Cubic, Quad, Linear, dll.

Fitur hebat lainnya, yaitu mengkonversi hasil karya Anda menjadi bentuk format Flash, GIF maupun Video. Software ini menawarkan masa percobaan gratis, sehingga pengguna bisa mencoba banyak fitur canggih tanpa biaya selama jangka waktu tersebut.

Kunjungi laman resmi software Aurora 3D Animation Maker di Presentation-3d.com

DAZ Studio

Software DAZ Studio

Daz Studio merupakan program pembuat animasi 3D yang menarik, dengan tampilannya yang sangat user-friendly, selain itu dilengkapi dengan berbagai teknologi dan fitur yang banyak.

Baik mereka yang masih amatir maupun ahli dalam pembuatan animasi 3D, DAZ Studio merupakan software yang disarankan untuk Anda dalam hal ini. Mesin desain yang hebat, cepat dan ringan, berisi materi komponen yang membuat Anda bisa menghasilkan karya animasi dalam sekejap.

Kesimpulannya, ini adalah program animasi 3D yang indah, yang mungkin akan memerlukan cukup banyak untuk bisa menguasai fungsi-fungsi yang ada di dalamnya. Software ini bisa membantu untuk mengerjakan proyek profesional.

Download software DAZ Studio di situs resminya Daz3d.com

Clara.Io

Clara.io adalah program berbasis cloud yang berfungsi dalam pembuatan animasi 3D, pemodelan dan merender semuanya secara gratis. Ini merupakan tool berbasis web tapi tidak meminta Anda memasang plugin browser.

Tool online ini akan menyediakan fitur seperti rangkaian pemodelan poligonal dan animasi sketsa yang menakjubkan.

Begitu Anda selesai dengan pengembangan animasi Anda, tool ini bisa membantu Anda untuk mengimpor file ke lebih dari 30 format 3D, diantaranya FBX, Collada, STL, Blender, Babylons, STL, dan lainnya.

Tool online ini menawarkan alat sederhana namun canggih, terdapat fitur pengaturan pencahayaan. Antarmukanya baik dan mudah digunakan, Anda bisa dengan mudah jika ingin melakukan Undo, Redo, Drag, Drop files anywhere.

Berbagao alat yang bisa digunakan yaitu seperti untuk menyesuaikan, meregangkan, memadukan, dan mengembangkan 3D Khusus milik Anda sendiri.

Kunjungi website Clara di Clara.io

Anim8or

Ini merupaan software animasi yang memiliki banyak fitur. Anda bisa menggunakan software mengagumkan ini secara gratis di Windows Anda. Program animasi hebat ini memungkinkan pengguna untuk menggambar latar belakang, peti, karakter, menyisipkan suara, dll.

Dengannya bisa membantu Anda dalam membuat karya film animasi Anda sendiri secara mudah. Program ini dilengkapi dengan banyak fitur untuk membuat film animasi yang bisa berfungsi penuh.

Download software Anim8or di situs resminya Anim8or.com

Abrosoft FantaMorph Pro

Ini perangkat lunak animasi yang sangat hebat untuk menghidupkan foto Anda secara mudah. Hanya saja ini bukan software gratis sehingga Anda hanya bisa menggunakan versi trialnya.

Dengan software ini Anda bisa membuat animasi, memungkinkan Anda memotret gambar dan menjalankan efek animasi yang canggih

Download versi trial software Abrosoft FantaMorph Pro di Cnet.com

FotoMorph

FotoMorph merupakan program membuat animasi gratis terbaik untuk Windows OS. Aplikasi animasi ini memiliki banyak fitur untuk mengedit dan meningkatkan kualitas gambar animasi Anda.

FotoMorph ini telah dirancang agar penggunanya bisa membuat animasi real time, pengguna bisa dengan mudah untuk membuat gambar animasi yang lucu.

FotoMorph memungkinkan Anda untuk membuat foto lucu hanya dalam hitungan menit. Download softwarenya di situs resminya Diphso.no

Pivot Stickfigure Animator

Pivot Stickfigure Animator merupakan alat animasi hebat yang bisa digunakan secara gratis di PC Windows. Program animasi sederhana ini menyediakan kemungkinan bentuk animasi yang tidak terbatas.

Download Pivot Stickfigure Animator di situs resminya Pivotanimator.net

Beberapa Rekomendasi Aplikasi Desain Animasi yang Lainya

MonkeyJam

Anime Studio

AnimatorDV Simple

Sqirlz Morph

sumber : https://downloadsoft-gratis.blogspot.com/2017/06/aplikasi-pembuat-animasi-pc.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *