6 Aplikasi Desain PCB Terbaik 2020

Helo temen temen anakkendali.com

Print Circuit Bord atau PCB merupakan papan elektronik yang berfungsi mengganti peran kabel dalam menghubungkan satu komponen dengan komponen lainya.

keyword :
Cara Membuat Desain PCB
Aplikasi Desain PCB
Membuat Desain PCB PC
Membuat Desain PCB Android
Tutorial Membuat PCB

Membuat PCB bisa dibilang susah susah gampang, karena dalam mendesain PCB kita harus mengetahui sistem kerja masing masing komponen elektronik. banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat PCB. dan disini kita akan mengulas beberapa aplikasi terbaik untuk membuat pcb versi anakkendali.com.

AUTODESK EAGLE

Autodesk Eagle merupakan aplikasi untuk desain PCB yang dulunya di kembangkan oleh cadsoft namun sekitar beberapa tahun yang lalu antara 2016/2017 EAGLE menjadi salah satu produk Autodesk. banyak sekali perusahaan besar elektronik yang menggunakan Autodesk Eagle sebagai pembantu dalam mendesain PCB. untuk itu saya sarankan kalian menggunakan EAGLE dalam membuat dan mendesain PCB.

Baca Juga :  Rangkaian Sismin Atmega8 / Atmega328 Skematik dan Board

LABCENTER PROTEUS

Proteus merupakan aplikasi simulasi sekaligus bisa untuk mendesain PCB layout. kelebihan dari proteus tentu saja karena simulasinya, tidak hanya digunakan untuk mendesain PCB. proteus juga bisa untuk simulasi elektronik sehingga kita dapat mengetes rangkaian sebelum mendesain PCB ataupun mencetaknya. namun kekuranganya library part didalam proteus tidak sebanyak pada eagle, begitu juga pengembang librarynya, namun kita bisa dengan mudah membuat library pada software proteus.

ALTIUM

Pada website Altium seperti tertera lambang Arduino, jadi mungkin saja Arduino board PCBnya didesain menggunakan aplikasi Altium. jika ini benar tidak ada salahnya kalian menggunakan Altium untuk mendesain PCB. namun saya sendiri belum pernah menggunakan Altium.

Baca Juga :  Download PCB Layout Door Lock NodeMCU Relay EAGLE

KiCad EDA

Aplikasi desain PCB yang satu ini juga tidak kalah populer dari ketiga aplikasi lainya yang sudah saya sebutkan diatas. kita juga dapat melihat hasil 3D desain PCB menggunakan KiCad EDA. jadi saya sarankan kalian bisa menggunakan aplikasi ini untuk mendesain PCB.

DipTrace

Diptrace juga merupakan aplikasi desain PCB yang dapat membuat model 3D, sehingga bisa mencegah dari komponen yang tumpang tindih, DIpTrace juga memiliki pengguna yang sangat banyak. untuk itu tidak ada salahnya jika kalian ingin menggunakan aplikasi DipTrace untuk membuat layout PCB.

EasyEDA

EasyEDA merupakan aplikasi desain PCB berbasis online maupun offline. jadi kita tidak perlu menginstall aplikasi pada komputer atau laptop kita karena aplikasi ini berbasis WEB. tinggal daftarkan user dan mulai mendesain PCB, silahkan di coba.

Baca Juga :  Rangkaian Relay Arduino Multichanel

mungkin itu saja recomendasi aplikasi desain PCB dari anakkendali.com jika ada yang ingin didiskusikan silahkan komentar dibawah ini.