Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram

Helo temen temen anakkendali.com.
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram. Jika kamu sedang membuat projek tentang sistem iot mengenai monitoring dan bisa mendapatkan notifikasi jika hasil dari monitoring tidak sesuai dengan set-point maka tutorial ESP32 Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram Bot sangat cocok dijadikan referensi, karena sistemnya sangat persis dengan yang kamu inginkan.

Selain dengan sensor dht11 kamu juga bisa membuat hal serupa untuk monitoring tegangan, arus pada panel dan monitoring sensor lainya untuk mendapatkan notifikasi dari telegram. Pada tutorial ini saya menggunakan ESP32 untuk membaca sensor DHT11 berupa suhu dan kelembaban dalam sinyal digital. sedangkan telegram sebagai server yang menjembatani manusia dengan sistem sehingga dapat berinteraksi satu sama lain. telegram sendiri memiliki api yang bebas diakses oleh siapapun dan sudah disediakan telegrambot. kita bisa chatingan dengan bot telegram yang mana bot ini di atur oleh ESP32.

Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram
Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram
Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram

Rangkaian Skematik

Untuk menghubungkan antara ESP32 dengan Sensor DHT11 kamu cukup menggunakan tiga buah kabel pelangi yang masing masing dihubungkan sebagai berikut.

  • VCC DHT11 ——— 5V ESP32
  • GND DHT11 ——— GND ESP32
  • Data DHT11 ——— 15 ESP32

Code ESP32 Telegram

Berikut adalah program yang sudah saya modifikasi untuk dapat membuat sistem notifikasi telegrambot dengan esp32.

Cara Kerja Sistem

Jadi untuk sistem kerja dari program diatas seperti ini. Kita dapat meminta data dari ESP32 melalui telegram bot dengan mengirim pesan sesuai keyword yang ada seperti “/statuskelembaban” maka akan dibalas dengan memberikan nilai kelembaban yang terbaca oleh sensor DHT11. selain itu program diatas juga bisa untuk mengontrol relay dengan telegrambot dan juga jika status kelembaban atau suhu tidak sesuai dengan set point maka telegram akan otomatis mengirim notifikasi ke chat id yang sudah di daftarkan. adapun untuk melihat chat id nya bisa langsung mengamati pada serial monitor saat kita mengirim pesan, contohnya “556538872” ID tersebut adalah chat id telegram saya untuk bot anakkendali.

Library Telegram

Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram

Library UniversalTelegramBot.h
Library TelegramBot.h

Jika kamu ingin menggunakan Anakkendali Bot untuk mencobanya silahkan klik link berikut t.me/Anakkendali_bot
dan itulah artikel tentang Belajar ESP32, Notifikasi Sensor DHT11 dengan Telegram semoga bermanfaat, jangan lupa bagikan ke akun media sosial kamu.

Pencarian Terkait
ESP32 Telegram Bot (560)
ESP32 IoT Telegram (408)
Notifikasi Telegram ESP32 (339)
ESP32 Notifikasi Telegram (295)
Tutorial ESP32 Telegram (229)
Tutorial Telegram ESP32 (194)

(Visited 37 times, 3 visits today)