Rangkaian Arus Konstan Simulasi Proteus 8

Iseng saya membuat rangkaian arus konstan untuk keperluan mengontrol beban seperti led yang dipasang secara seri bukan pararel. sesuai namanya arus konstan ini membuat rangkaian power supply yang dapat menjaga arus keluaranya tetap tidak berubah terhadap beban.

Meskipun begitu tetap ada daerah kerja dimana rangkaian hanya mampu menanggung beban tertentu untuk dapat menjaga arus yang dikeluarkan tetap sama.

Kunjungi  Cara Membuat Disinfectant Tanpa Arduino

Saya

sangat tidak pandai menjelaskan mengenai arus konstan karena dilapangan belum terlalu sering saya gunakan, jadi semoga apa yang saya share atau bagikan tentang materi arus konstan ini bermanfaat.

Berikut adalah gambar rangkaian yang saya buat menggunakan aplikasi proteus 8 untuk memuat simulasi arus konstan yang dilengkapi contoh beban LED yang dipasang seri.

Kunjungi  Cara Membuat Disinfectant Tanpa Arduino

Terdapat dua buah transistor PNP yang dirangkai dengan diode zener 10V, sehingga rangkaian ini membentuk satu kesatuan rangkaian regulator, kemudian ada resistor R2 yang difungsikan sebagai R referensi untuk menentukan nilai arus konstant. dan LED yang dipasang secara seri sebagai beban.

Kunjungi  Cara Membuat Disinfectant Tanpa Arduino

Untuk lebih detail penjelasanya simak video berikut ini.

Terimakasih sudah berkunjung untuk membaca artikel ini, semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.