By | March 11, 2018

Hello Sahabat Anak Kendali.

pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Pemodelan Sistem Mekanik sebelumnya saya menulis tentang pembahasan menyeluruh tentang pemodelan sistem dan juga pemodelan sistem elektrik
seperti yang sudah dijelaskan pemodelan sistem sangat lah penting dalam bidang kendali karena sebagai acuan untuk mendesign sistem kendali atau control.

untuk pemodelan sistem mekanik juga sangat penting karena sistem mekanik dapet berupa Kendaraan, Lengan Robot, Rudal atau sistem mekanik yang lainya, adapun sistem mekanik ini dibagi menjadi dua yaitu sistem mekanik translasi dan sistem mekanik rotasi. pada beberapa sistem mekanik mungkin ada yang murni translasi atau juga murni rotasi tapi ada juga yang hybrid dimana sistem ini menggabungkan keduanya.

Sistem Mekanik Translasi
untuk sistem mekanik transalasi komponenya berupa spring atau disebut juga pegas, damper atau disebut peredam dan juga massa.
untuk inputnya berupa gaya (F) dan otputnya berupa pergeseran atau perpindahan (X)

untuk spring hubungan antara gaya dan pergeseran di rumuskan seperti berikut :

F = kx
untuk k adalah konstanta pegasnya, dan energi pada k dirumuskan sebagai berikut :
E = 1/2 kx^2

pegas yang dipasang pararel memiliki konstanta pegas ekuivalen :
Ke = k1 + k2 + k3 +k……….
pegas yang disusun seri memiliki konstanta pegas ekuivalen :
Ke = 1/k1 + 1/k2 + 1/k3 + 1/k…….
untuk massa, jika ada sebuah massa yang diberikan suatu gaya (F) dan mengalami perpindahan X sesuai hukum newton, besarnya gaya sebanding dengan nilai percepatanya F = ma (Hukum Newton 2)
atau juga bisa dirumuskan sebagai berikut :
F = m (d^2 x / dt^2)
Energi yang dihasilkan karena pergerakan massa dengan kecepatan V dirumuskan menjadi :
E = 1/2 mV^2
Damper adalah komponen peredam Biasanya berupa piston yang bergerak pada sebuah silinder dengan liquid di dalamnya yang memiliki viscositas untuk menahan piston. Besarnya gaya penggerak piston tersebut sebanding dengan kecepatannya, dan dirumuskan sebagai berikut :
F = c (dx / dt)
(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *