4 Jenis Arduino Rekomendasi Untuk Pemula

Pemula yang baru belajar arduino masih banyak sekali yang kebingungan jenis arduino mana yang harus dipilih untuk belajar. Saya menulis artikel ini untuk memberikan sedikit gambaran untuk pemula dalam memilih jenis mikrokontroler yang tepat untuk anda pemula yang baru belajar arduino.

Jenis Arduino Rekomendasi untuk Pemula

Saya menggunakan bahasa arduino tidak menggunakan bahasa mikrokontroler karena mungkin anda belum familiar dengan bahasa mikrokontroler, sebenernya mikrokontroler itu di ibaratkan bahasa lainya komputer sedangkan arduino hanya merek seperti asus atau LG dll.

Baca Juga :  Arduino, Cara Membuat Alat Ukur Kulitas Air. pH, Suhu, Kekeruhan, Salinitas, Konduktifitas

Berikut 4 Jenis Mikrokontroler yang Tepat Bagi Pemula

  1. Arduino Uno R3 DIP
    Arduino Uno R3 DIP ini yang menggunakan IC Atmega328 dengan bentuk IC yang panjang dan memiliki kaki pin yang disolder dengan cara memasukanya kedalam lubang PCB, sedangkan SMD kakinya tidak masuk kelubang dan hanya menempel pada PCB bagian atas saja.
4 Jenis Arduino Rekomendasi Untuk Pemula
  1. Arduino Nano V3 FTDI232
    Selanjutnya adalah Arduino Nano V3 FTDI232 yang memiliki bentuk lebih kecil dari pada Arduino Uno, dan bentuk kecil ini sangat cocok karena bisa digunakan bersama dengan bread board atau projek board, sedangkan arduino uno karena pin nya menggunakan female sehingga membutuhkan kabel jumper untuk menghubungkan ke breadboard
4 Jenis Arduino Rekomendasi Untuk Pemula
  1. NodeMCU V3 ESP8266
    Walaupun bukan dari keluarga Arduino, tapi NodeMCU ESP8266 merupakan rekomendasi lanjutan bagi pemula untuk belajar, NodeMCU ESP8266 bisa diprogram dengan bahasa Arduino ataupun mikropython, dan untuk kalian bagi para pemula ESP8266 NodeMCU sangat cocok untuk dipelajari karena fiturnya hampir sama dan ditambahi dengan fitur wifi sehingga kalian bisa langsung belajar mengenai IoT.
  1. Wemos D1 Mini ESP32
    ESP32 juga bukan merupakan keluarga dari Arduino, namun sangat cocok jika dijadikan salah satu bahan belajar bagi pemula untuk lanjutan, fiturnya hampir sama dengan ESP8266 dan Arduino, namun ESP32 memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. intinya jika kalian ingin belajar paket lengkap, saya sarankan langsung membeli modul Wemos D1 mini ESP32 saja.
4 Jenis Arduino Rekomendasi Untuk Pemula

Kenapa ESP32 Lebih Menguntungkan Untuk Belajar Pemula ?

Arduino memang sudah lebih dari cukup untuk belajar bagi pemula, namun dengan harga yang sedikit lebih naik, ESP32 jauh lebih menguntungkan untuk belajar pemula, ibaratnya begini, yang ada pada ESP32 biasanya belum tentu ada pada Arduino, sedangkan yang ada pada Arduino biasanya sudah ada pada ESP32.

Baca Juga :  Arduino, Cara Membuat Program Cerdas Cermat Arduino Nano, Arduino Uno

Itu lah mengapa saya menyarankan anda untuk memulai belajar langsung dengan membeli modul ESP32. dengan membeli ESP32 anda menghemat tidak harus membeli ESP8266 (Wifi) ataupun HC-05 (Bluetooth) dan masih banyak fitur lainya yang sudah termasuk dalam modul ESP32.

(Visited 4 times, 1 visits today)