Belajar ESP32, Tutorial Kirim Data ke Database MySQL

Helo temen temen anakkendali.com

pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang Belajar ESP32, Tutorial Kirim Data ke Database MySQL menggunakan metode HTTP POST.

Mengirim data dari mikrokontroler banyak sekali metodenya, dan biasanya saya menggunakan HTTP GET sebagai metode pengiriman data dari modul iot esp ataupun GSM ke server database dan kali ini saya akan mencoba menggunakan metode mengirim data dari ESP32 ke database MySQL menggunakan HTTP POST.

Untuk bisa mengikuti tutorial ini, paling tidak kalian harus mengerti aplikasi CRUD dengan PHP, CRUD sendiri singkatan dari Create, Read, Update dan Delete.

Pada Tutorial ini hanya Insert data ke database MySQL dengan ESP32 dan Delete data pada tabel database MySQL sehingga kalian harus mengembangkan sendiri untuk bisa Update data ke database dan read data dari database MySQL menggunakan ESP32

Belajar ESP32, Tutorial Kirim Data ke Database MySQL

Menggunakan metode HTTP Post untuk mengirim data ke server database MySQL lebih baik dibandingkan menggunakan metode HTTP Get, kita tau jika menggunakan metode HTTP GET maka param yang kita gunakan mengaksesnya melalui url, contohnya seperti ini.

Karena mengaksesnya melalui URL orang lain dengan mudah mengetahui param nya, dan ini sangat beresiko dalam hal keamanan, apalagi jika project nya sudah menyangkut keuangan seperti E-Money atau E-Tol.

Pada Tutorial kali ini saya mencontohkan mengirim data random dari ESP32 kemudian dikirim ke server database MySQL, dan contoh yang kedua saya gunakan modul sensor DHT11 untuk membaca suhu dan kelembaban kemudian datanya dikirim ke server database MySQL yang kemudian ditampilkan pada halaman website.

Skematik

Belajar ESP32, Tutorial Kirim Data ke Database MySQL

Kode

Kode ESP32

Peratama upload terlebih dahulu program arduino berikut untuk mencoba input data random ke server database MySQL

dan jika program diatas sudah bisa, langsung mencoba program dengan sensor DHT11 untuk mengirim data suhu dan kelembaban ke database MySQL dengan ESP32

berikut adalah kumpulan kode php yang harus kalian install pada webserver lokal maupun hosting.

Download File Database

api.php

hapus.php

index.php

koneksi.php

login.php

loginstyle.css

logout.php

Cukup sekian dulu artikel Tutorial kirim data ke database MySQL server dengan ESP32 metode HTTP Post dan semoga bermanfaat, untuk lebih detailnya silahkan lihat video tutorial dibawah ini.

Pencarian Terkait
Belajar ESP32 Pemula (405)
ESP32 IoT Sistem (340)
Kirim Data Ke Database Hosting(320)
Tampilkan Data ESP32 ke Web (278)
Menampilkan Data Arduino ke WEB (233)
Cara Mengirim Data Arduino ke Database (209)
Tutorial IoT Full ESP32 Arduino (203)
Kirim Data Metode HTTP POST (187)
Sistem IoT Kirim Data Server (106)
ESP32 Kirim Data ke Server (68)

(Visited 68 times, 3 visits today)