Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay Telegram Bot

Helo temen temen anakkendali.com
pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay TelegramBot. Telegram merupakan salah satu sosial media chat yang serupa dengan WA, tapi tentunya tidak sama. Berbeda dengan WA, telegram memiliki API yang bebas di akses oleh siapapun sehingga kita dapat memanfaatkan telegrambot untuk mengontrol relay dengan ESP32. tidak hanya ESP32 yang bisa digunakan untuk mengakses api telegram. menggunakan ESP8266 juga bisa seperti NodeMCU atau Wemos D1 mini untuk kontrol relay.

Apa fungsinya mengontrol relay dengan telegrambot ?
jawabanya banyak sekali, kita bisa menyalakan lampu jarak jauh dan juga mematikan jarak jauh dengan ESP32 sebagai pengendali relay, dan relay sebagai saklar elektrik untuk lampu.

Bahkan tidak hanya lampu yang bisa kita kontrol dengan telegram jarak jauh. kita juga dapat mengontrol pompa, ac dan alat elektronik lainya. sehingga selama ada jaringan internet maka kita dapat mengontrol relay dimanapun dan kapanpun.

Library Telegrambot untuk ESP32

Untuk membuat projek ini kita membutuhkan library yang sudah dikembangkan oleh orang lain supaya ESP32 terhubung dengan telegrambot. biasanya saya menggunakan library UniversalTelegramBot.h namun karena saya telah mengupdate library ArduinoJson.h ke versi terbaru. sehingga library UniversalTelegramBot.h tidak support lagi. Dari pada saya harus downgrade versi arduinojson.h saya lebih memilih menggunakan library utlgbotlib.h yang bisa kalian download pada software Arduino IDE.

Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay Telegram Bot
Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay Telegram Bot

Code ESP32 TelegramBot

setelah berhasil mengikuti langkah di atas. silahkan upload program berikut untuk memulai menggunakan telegram untuk kontrol relay.

Token di atas menggunakan bot dari anakkendali.com yang diberi nama Anakkendali_Bot. jika ingin menggantinya dengan bot buatan sendiri silahkan baca tutorialnya ESP8266, Control Relay dengan Telegram

Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay Telegram Bot

jika sudah berhasil mengupload program telegrambot esp32 silahkan coba mengirim pesan dengan mengikuti gambar yang ada dibawah ini.

pertama kirim pesan “/start” jika dibalas maka artinya kamu sudah berhasil menghubungkan telegrambot ke esp32 dan untuk kata kunci “/relayon” dan “/relayoff” bisa kalian rubah didalam program esp32.

Itulah tutorial dari anakkendali.com tentang Belajar ESP32, Tutorial Kontrol Relay TelegramBot, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membagikan di akun sosial media.

Pencarian terkait
Tutorial ESP32 TelegramBot (543)
ESP32 TelegramBot (345)
TelegramBot ESP32 (311)
TelegramBot Kontrol Relay ESP32 (298)
ESP32 Kontrol Relay Telegram (231)
Program ESP32 Telegram (201)
Sistem IoT TelegramBot ESP32 (196)
IOT SIstem Telegram ESP32 (144)
IOT dengan ESP32 dan telegram (105)
IOT Telegram ESP32 (77)

(Visited 39 times, 1 visits today)