Membuat Aplikasi IoT dengan Kodular (ESPDEV) Part 2

Helo teman-teman anakkendali.

Pertemuan kita kali ini akan melanjutkan tutorial kita sebelumnya tentang membuat aplikasi android IoT dengan menggunakan Kodular. teman-teman wajib membaca tutorial sebelumnya, dan mengikuti arahan dari video yang sudah di buat.

aplikasi android yang akan kita buat di desain untuk dua fungsi, yang pertama berfungsi sebagai kontrol relay perangkat mikrokontroler dan yang kedua monitoring sensor dari mikrokontroler. adapun database yang akan kita buat juga dua buah jenis, yang pertama kita akan gunakan database MySQL dan yang kedua adalah firebase.

database MySQL diperlukan webserver sendiri, bisa online ataupun offline, namun untuk memudahkanya, aplikasi hanya di buat online dan di arahkan ke server anakkendali.com. jika kalian ingin menggunakan server lokal kalian tinggal ubah beberapa program yang terdapat di aplikasi android nya, yang akan kita bahas di pertemuan selanjutnya.

firebase merupakan database online gratis yang cukup memuaskan dalam layanya, meskipun terbatas tapi sudah lebih dari cukup untuk membuat proyek sekala kecil IoT. jika ingin menggunakan resource yang besar dari firebase teman-teman bisa membeli paket premium disana.

Baca Juga :  Cara Konfigurasi ESP8266 Arduino Uno

silahkan download file assets terbaru yang sudah saya buat menggunakan corel draw untuk digunakan mengikuti tutorial pembuatan aplikasi android IOT dengan kodular.

DOWNLOAD FILE

jika sudah di download silahkan ikuti tutorial video di bawah ini.

(Visited 148 times, 2 visits today)