5 Daftar Aplikasi Belajar Dasar Pemograman Komputer Pemula

Banyak sekali siswa atau orang yang ingin belajar dasar pemograman kebingungan mengenai aplikasi belajar pemograman komputer seperti apa editor nya, apa IDE nya atau compilernya.

Karena memang pemula seeperti saya dulu sangat awam dan tidak tau menau tentang pemograman dan bagaimana cara menjlankanya.

Saya tau pemograman adalah kode kode komputer tapi saya

tidak tau bagaimana cara menjalankan pemograman tersebut setelah kita belajar syntax-syntaxnya.

artikel ini akan mengupas tuntas apa saja yang diperlukan untuk memulai belajar pemograman serta saran aplikasi apa yang harus di install pada komputer atau android.

5 Daftar Aplikasi Belajar Dasar Pemograman Komputer Pemula
5 Daftar Aplikasi Belajar Dasar Pemograman Komputer Pemula

Dasar pengetahuan untuk belajar pemograman komputer

Editor

Mengenal editor itu sangat mudah karena memang bawaan windows pun sudah ada dan kalian mungkin juga sudah sering menggunakanya tapi tidak mengetahui istilah dan kegunaanya.

Salah satu editor paling ringan dan simple adalah NOTEPAD yang sudah ada bawaan pada windows kalian, dengan notepad kalian bisa menulis program dalam menggunakan bahasa apapun. tapi tentu saja sangat tidak nyaman karena terlalu simpel.

Untuk alternatif lainya kalian bisa menggunakan editor notepad++, Sublime Text, Atom, Visual Stuido Code

Kunjungi  Pengertian Komponen Multiplexer N-Channel

Compiler

Compiler mungkin jarang didengar bagi pemula yang baru mempelajari pemograman, saya sendiri mengartikan compiler sebagai translator program.

Jadi begini, kan komputer hanya mengenal bahasa mesin 0 dan 1, kemudian manusia mengembangkan bahasa mesin menjadi bahasa yang lebih mudah dipahami oleh manusia, setelah bahasa mesin ada bahasa asembler yang masih sangat sulit untuk dimengerti makanya bahasa mesin dan bahasa asembler dikelompokan dengan bahasa pemograman tingkat rendah.

Kenapa bisa dinamakan bahasa pemograman tingkat rendah? karena dua bahasa ini memiliki sedikit kosakata sehingga kita yang manusia sulit untuk memahami bahasa mereka.

Selanjutnya banyak sekali bahasa kembangan dari dua bahasa tersebut antara lain C, C++, Python, Java, Matlab, PHP, Ruby, Pascal dan masih banyak lagi bahasa yang ga saya ketahui.

IDE

IDE merupakan program atau aplikasi yang sudah dibuat oleh manusia dan memiliki fitur yang sangat lengkap untuk membantu anda membangun sebuah aplikasi atau apapun dengan program.

Artinya IDE ini singkatan dari ntegrated Development Environment jadi compiler, editor dan fitur fitur lainya seperti buat upload program ke mikrokontroler sudah ada didalam aplikasi IDE tersebut.

Artikel ini akan membahas IDE atau aplikasi buat kalian belajar pemograman

Sebelum itu kalian harus menentukan pilihan jenis bahasa apa yang ingin kalian pelajari, tapi saya sarankan kalian mepelajari bahasa C terlebih dahulu, karena hampir semua bahasa pemograman populer saat ini dikembangkan dari bahasa C seperti Python, Matlab, Java dan C++.

Kunjungi  Pemodelan Sistem Mekanik

Daftar Aplikasi Belajar Bahasa Pemograman untuk Pemula

Code Block

ada beberapa bahasa pemograman bisa sih menggunakan IDE code block, jadi kalian bisa langsung download dan cari compilernya jika belum terinstall di codeblock.

saya biasanya menggunakan codeblock untuk membuat atau belajar bahasa C dan C++, dengan code block terasa sangat mudah belajar kedua bahasa ini.

Turbo C++

Nah yang ini pasti tau kan IDE untuk bahasa pemograman apa? iyah bener untuk bahasa C++, saya sendiri belum pernah menggunakan IDE yang satu ini, tapi sudah beberapa kali lihat orang banyak menggunakan IDE ini, dan tidak ada salahnya buat kalian install IDE Turbo C++ untuk belajar bahasa pemograman C++

Netbeanse

Selanjutnya IDE yang saya sarankan adalah Netbeans yang bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi dengan beberapa bahasa seperti JAVA, Javascript, HTML, PHP dan coba cari tau sendiri hehe.

Intinya buat kalian yang pengen belajar bahasa java, saya sarankan menggunakan IDE ini, karena sangat elegan tampilan aplikasi nya dan nyaman dimata.

Anaconda IDE

Yang satu ini IDE untuk bahasa pemograman python, kayaknya yang buat suka ular-ularan ya, namanya kok terinspirasi dari nama ular semua, bahasanya Python IDE nya Anaconda hehe.

Kunjungi  4 Website Pembuat Aplikasi Android Mudah Bagi Developer IoT

Python bahasa populer loh untuk saat ini, kayaknya nomer satu, soalnya banyak banget yang pakai python mungkin alasanya karena bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi ya. bisa web, aplikasi dekstop, AI, dan sebagainya.

Visual Studio

Meskipun ga saya sarankan menggunakan ini, tapi ga papa kalo kalian mau menggunakan IDE sejuta bahasa pemograman, bisa nih menggunakan visual studio.

banyak banget sih bahasa pemograman yang bisa di jalankan dengan IDE ini, misalnya VB, C#, C++, Python, NodeJS dan masih banyak lagi yang lainya, cek aja kalo ga percaya, dijamin ga bakal nyesel.

Cuma visual studio ini ada yang gratis versi comunity ada juga yang bayar enterprise, ya pastinya ada batasan tertentu kalo gratis.

Kesimpulan

Untuk belajar bahasa pemograman komputer kalian harus memilih bahasa apa yang ingin dipelajari berdasarkan kedepanya kalian mau fokus dibidang apa gitu, misal web, mikrokontroler, atau aplikasi android. selain itu juga ya gunakan IDE yang gratis aja tapi fungsinya lumayan banyak, ga usah pake crack, kalo belum sanggup bayar, tapi kalo mau crack ya ga papa lah dosa sih tanggung sendiri-sendiri aja ya sama tuhan hehe.

terimakasih temen-temen semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus bekunjung di website anakkendali.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *