ESP8266 Nodemcu/Wemos Mengakses Mp3 Dfplayer

Helo sahabat anakkendali.com
Pada kesempatan kali ini saya akan menulis artikel tentang Tutorial Dfplayer ESP8266 Nodemcu/Wemos Mengakses Mp3 Dfplayer. Modul mp3 dfplayer merupakan modul yang dapat membaca dan mengeluarkan suara dari file mp3 yang disimpan pada sdcard. dan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara mengakses modul dfplayer menggunakan NodeMCU Wifi. lalu bagaimana jika ingin mengakses modul dfplayer dengan Wemos ?

Tentu saja sangat bisa karena keduanya menggunkan IC yang sama yitu ESP8266 jadi tidak ada perbedaan yang jauh pada pin, tinggal sesuaikan saja pengaturan pada pemilihan boardnya.

Sebelumnya saya sudah sering mengakses modul fplayer dengan arduino yang tutorialnya dapat di baca pada link berikut Arduino, Cara Mengakses DFPlayer mini Mp3. Pada tutorial itu karena saya mengakses Dfplayer dengan arduino uno jadi saya bisa menggunakan library buatan dfrobot yang bisa kalian download pada link ini DFRobotDFPlayerMini.h.

Baca Juga :  ESP8266, Nodemcu Kirim Data ke Database Hosting Gratis

Namun karena sekarang saya mengakses modul mp3 dfplayer dengan ESP8266, atau lebih tepatnya mengakses mp3 dfplayer dengan nodemcu.
Library dari dfrobot tidak support meskipun sudah saya update ke versi terbaru. Sehingga saya mendapatkan solusi yang memecahkan permasalahan dengan menggunakan library DFPlayer_Mini_Mp3.h.

Untuk bisa memutar file mp3 kalian harus menyediakan kartu sd card terlebih dahulu dan mengisi file mp3 dengan memberikan nama mulai dari 0001.mp3 sampai 9999.mp3.

Itupun kalo memori yang kamu gunakan cukup, dan kamu juga bisa menyimpan file mp3 nya pada folder dengan memberikan nama “mp3” contohnya /mp3/0001.mp3

Skematik rangkaian

Untuk dapat mengakses DFplayer Mp3 dengan NodeMCU atau mengakses Dfplayer Mp3 dengan Wemos kalian harus membuat skematik seperti berikut.

Baca Juga :  Arduino, Menyalakan Lampu Otomatis
ESP8266 Nodemcu/Wemos Mengakses Mp3 Dfplayer, Tutorial esp8266 dfplayer

Dan jika kalian ingin mengganti speaker nya ke speaker yang lebih besar juga bisa dilakukan dengan cara menghubungkan ke modul audio jack female stereo. Tutorial mp3 dfplayer esp8266 wifi

Nantinya speaker kalian tinggal colok konektor audio ke modul dfplayer mp3. sebenarnya modul dfplayer mp3 juga sudah menyediakan dua pin R dan L untuk dihubungkan ke amplifier atau penguat sinyal.

Kode ESP8266

tidak ada perbedaan antara kode dfplayer NodeMCU dengan dfplayer Wemos karena keduanya menggunakan IC ESP8266 yang sama jadi.

#include <DFPlayer_Mini_Mp3.h>
#include <SoftwareSerial.h>

#define PIN_BUSY A0

SoftwareSerial mp3Serial(D3, D4); // RX, TX

void setup () {
  pinMode(PIN_BUSY, INPUT);
  Serial.begin (115200);
  Serial.println("Setting up software serial");
  mp3Serial.begin (9600);
  Serial.println("Setting up mp3 player");
  mp3_set_serial (mp3Serial);  
  // Delay is required before accessing player. From my experience it's ~1 sec
  delay(1000); 
  mp3_set_volume (15);
}

void loop () {
  Serial.println("Stop");
  mp3_stop ();
  Serial.print("Busy: ");
  Serial.println(analogRead(PIN_BUSY));
  delay(500);
  
  Serial.println("play next");
  mp3_next ();
  Serial.print("Busy: ");
  Serial.println(analogRead(PIN_BUSY));
  delay (12000);
}

Silahkan upload program tersebut dan dengarkan musik yang sudah kalian siapkan dan sudah kalian isi pada memori sd card yang ada pada modul DFplayer Mp3.

Baca Juga :  Arduino,Cara Mengakses Modul SD Card Arduino

Itulah tutorial kali ini tentang Cara Mengakses Modul Mp3 dengan NodeMCU dan Cara Mengakses Modul Mp3 dengan Wemos, jangan lupa dishare dan berkomentar di bawah ini. tutorial dfplayer esp8266

Pencarian terkait

(Visited 458 times, 1 visits today)