Tinkercad Arduino Membuat Simulasi Kontrol Motor DC L293D

Helo temen temen anakkendali.com
Pada kesempatan kali ini marilah kita belajar mengenai Tinkercad Arduino Membuat Simulasi Kontrol Motor DC L293D. kehadiran tinkercad arduino sangat menguntungkan bagi pemula. karena kita dapat belajar dengan mudah mengenai arduino tinkercad dengan GRATIS !! Tinkercad merupakan salah satu media belajar simulasi online untuk arduino, jadi tidak diperlukan menginstall software pada PC atau laptop Arduino tinkercad.

Pada kesempatan kali ini saya membuat contoh simulasi Arduino kontrol Motor DC dengan tinkercad, Motor DC yang di kontrol dengan arduino dibantu oleh IC driver L293D yang sudah tersedia part nya didalam tinkercad. meskipun ada banyak kekurangan pada tinkercad namun fasilitas dari tinkercad sudah sangat cukup sekali bagi pemula yang ingin belajar tapi belum mempunyai dana untuk membeli part-part yang dibutuhkan.

Keuntungan belajar simulasi kita terhindar dari yang namanya kerusakan komponen yang disebabkan banyak hal seperti hubung singkat, salah menghubungkan kabel dan sebagainya.

Simulasi tinkercad tidak hanya cocok untuk dewasa namun sangat cocok juga bagi anak-anak, jadi jika ayah dan ibunda anak menginginkan anaknya belajar mengenai pemograman mikrokontroler bisa diarahkan untuk belajar melalui website tinkercad. Karena dalam tinkercad kita bisa membuat program dalam bentuk blok bukan hanya teks saja dan hal ini akan membuat anak anak tertarik seperti bermain puzzle.

Cara memulai simulasi arduino tinkercad bisa dengan mengunjungi https://www.tinkercad.com/ kemudian mendaftar menggunakan akun google/facebook/autodesk. setelah berhasil daftar kita bisa memilih untuk membuat desain 3D atau simulasi rangkaian listrik seperti arduino, maka pilihlah circuits.

Tinkercad juga sudah banyak memberikan contoh simulasi jadi bisa langsung memilih contoh yang sudah dibuat dan tinggal menjalankan.

Selain untuk simulasi rangkaian listrik tinkercad juga bisa untuk membuat desain 3D sepert Autodesk Inventor, Solids Work, Autocad dan sketch up. Meskipun fiturnya terbatas dan sangat sedikit tapi sudah sangat berguna bagi pemula yang ingin belajar desain 3D CAD juga.

Rangkaian Skematik

Disini saya membuat sendiri rangkaian sekaligus programnya untuk simulasi kontrol motor DC dengan IC L293D. rangkaian skematik dari tinkercad juga bisa mengexport hasil desain rangkaian kita ke format BRD eagle.

Baiklah langsung saja silahakan membuat skematik yang sama persis seperti pada gambar dibawah ini kemudian copy paste programnya dan langsung jalankan dan amati hasil dari simulasi arduino kontrol motor dc

Tinkercad Arduino Membuat Simulasi Kontrol Motor DC L293D

Kode Arduino

berikut kode yang harus kalian copy paste pada halaman simulasi circuits tinkercad.

hasil dari program diatas jika dijalankan seperti ini. jika kita ingin mengendalikan motor DC dalam satu arah putar untuk keduanya maka tinggal atur polaritas positif dan negatif nya saja, dan hal ini sudah saya sederhanakan dalam program sehingga kita bisa menggunakan fungsi motor_run() untuk menjalankan kedua motor contohnya.

Artinya motor A dengan kecepatan pwm sebesar 255 arah putar nya positif atau anggaplah CW sedangkan motor B dengan kecepatan pwm sebesar 200 arah putarnya negatif atau anggaplah CCW. dengan seperti itu mudah kan? tidak ribet harus manggil program digitalWrite dan analogWrite berulang-ulang. Untuk lebih jelasnya silahkan tonton video berikut dan ikuti langkah langkahnya.

Nah itu dia tutorial simulasi arduino kontrol motor DC yang sudah saya buat menggunakan simulasi, jika ada yang ingin didiskusikan silahakn berkomentar dibawah ini dan jangan lupa untuk membagikan artikel ke akun media sosial kamu.

Pencarian terkait

Arduino tinkercad simulasi (902)
Simulasi Arduino tinkercad (893)
Tutorial Simulasi tinkercad (767)
Arduino Pemula (755)
Belajar Arduino (559)
Belajar Simulasi Arduino (488)

(Visited 22 times, 1 visits today)