Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 2

Hello temen – temen Anakkendali
pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 2

pada proses ini kita akan membuat langkah fuzzifikasi yang didalamnya terdapat parameter Input dan Output, variable linguistik dan fungsi keanggotaan. sebelum mendesain algoritma fuzzy saya akan menjelaskan apa tujuan dalam mendesain fuzzy kali ini, silahkan simak cerita berikut:

baca juga : Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian

anggaplah saya adalah seorang penjual gorengan yang mana setiap hari saya mencatat data pemasukan dan pengeluaranya, selama saya berjualan permintaan paling sedikit yang pernah masuk adalah 10 gorengan sedangkan permintaan terbanyak adalah 20 gorengan, adapun persedian paling sedikit adalah 25 gorengan sedangkan persediaan terbanyak adalah 75 gorengan, saya ingin menganalisis untuk menentukan berapa gorengan yang harus saya produksi esok hari berdasarkan data tersebut !

Baca Juga :  Arduino,Mengakses sensor dht11,suhu dan kelembaban

Keyword :
Belajar Fuzzy Logic
Tutorial Fuzzy Logic
Apa itu fuzzy logic
Program Fuzzy Logic
Code Fuzzy Logic Bahasa C
Bahasa C Fuzzy Logic

Logika Fuzzy

Fuzzifikasi

Fuzzifikasi merupakan langkah awal dalam mendesain algoritma fuzzy yang mana di dalamnya terdapat paramter Input, Output, Variable linguistik dan fungsi keanggotaan, dari cerita di atas kita tau input dari kasus ini adalah permintaan dan Persediaan sedangkan Outputnya adalah Produksi.

Variable Linguistik Permintaan, Persediaan dan Produksi

PermintaanPersediaanProduksi
sepisedikitsmall
sedangSetengahmedium
RamaiBanyaklarge

Fungsi Keanggotaan

Rumus untuk setiap variable linguistik

Code Bahasa C untuk Fuzzifikasi

sekarang kita akan membuat code fuzzifikasi dalam bahasa C untuk menentukan derajat keanggotaan masing masing variable linguistik berdasarkan masukan dari permintaan dan persediaan.
code dapat di copy paste di bawah ataupun langsung di jalankan, silahkan masukan nilai permintaan dan persediaan kemudian cek hasilnya apakah sesuai dengan data himpunan diatas. jika sesuai maka program bisa di anggap betul, jika salah silahkan komnetar di bawah kemungkinan ada salah pada penulisan rumus.

Baca Juga :  Arduino, Menyalakan Lampu Otomatis

mungkin cukup sekian apa yang bisa saya tulis pada artikel kali ini, semoga bermanfaat, dan jangan pelit untuk membagikan.

pada video di bawah ini mungkin masih banyak kesalahanya dalam membuat rumus, untuk itu saya memohon maaf dan saya betulkan rumus nya pada artikel ini.

Selanjutnya baca : Tutorial Fuzzy Logic Beserta Contoh Code dengan Bahasa C Bagian 3